EVALUASI POSTTEST PENGEMBANGAN MODEL F2F KE MODEL BLENDED LEARNING
Model tatap muka, E-Learning, Blended Learning, Pretest, Posttest, MPSI
Abstract
Penelitian ini merupakan lanjutan daripada penelitian awal yang telah dilakukan pada matakuliah Manajemen Proyek Sistem Informasi (MPSI) , dan telah diikutkan pada seminar International Conference on Technical and Vocation Education and Training, di Bukit Tinggi pada tanggal 16-17-Oktober 2015 yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Padang (UNP). Dan Jambi International Seminar Education (Jise), diselenggarakan oleh Universitas Negeri Jambi (Unja). Hasil penelitian awal menunjukan, bahwa kualitas pengajaran MPSI dengan model tatap muka (konvensioanal) berada pada katagori cukup, sehingga perlu dikembangkanlah sebuah model Blended Learning yaitu mengabungkan model tatap muka dengan model e-learning, untuk memperbaiki kualitas pengajaran menjadi lebih baik. Dilakukan Posttest pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sebagai kelanjutan dari pretest yang dilakukan sebelumnya, hasil posttest akan dibandingkan dengan pretes untuk melihat segnifikasi dari pengembangan model yang dilakukan.