APLIKASI GAME SIMULASI SEBAGAI ALAT BANTU AJAR JARINGAN KOMPUTER (STUDI KASUS : JURUSAN TEKNIK KOMPUTER JARINGAN) DI SMK UNGGUL SAKTI JAMBI Game Pembelajaran Jaringan, Jaringan, Game Interaktif
Main Article Content
Abstract
Materi pelajaran tentang jaringan sering dianggap sulit oleh para siswa-siswa SMK, hal ini karena materi yang disampaikan terkadang bersifat monoton dan membosankan. Sehingga minat untuk mempelajari materi jaringan berkurang dan dianggap kurang menarik. Untuk itu perlu inovasi media pembelajaran yang dapat memberikan stimulan kepada siswa belajar tentang jaringan. Media pembelajaran ini diaplikasikan dalam bentuk game flash yang berdasar pada kompetensi dasar bidang Teknik Komputer Jaringan. Aplikasi game Pembelajaran Jaringan didesain secara sederhana dan menarik agar pada saat pengguna memainkan game ini dapat memberikan manfaat secara tidak langsung yakni belajar mengenal jaringan komputer. Game Pembelajaran Jaringan ini terbagi menjadi lima level dimana masing-masing level bertujuan unguk mengetahui kemampuan pengguna akan materi jaringan komputer