Main Article Content

Herti Yani

Abstract

Dunia pendidikan salah satunya Perguruan tinggi yang dalam proses bisnisnya memerlukan dukungan TI sebagai pemampu dan memudahkan dalam mengolah proses bisnisnya agar lebih efektif dan efisien. Tetapi dalam implementasi TI, instansi perguruan tinggi kurang untuk mengevaluasi sejauh mana layanan yang berbasis TI dapat dikontrol untuk mendukung layanan proses-proses bisnis institusi perguruan tinggi, terutama dalam menjaga tingkat ketersediaan (avability) TI. Untuk  itu  perlu  dilakukannya  pengukuran  terhadap sistem   dengan menggunakan maturity model pada  COBIT  4.1  khususnya  pada ME1  yaitu Pengawasan dan Evaluasi  Kinerja .  Framework  COBIT 4.1  (Control Objectives  for  Information and  related  Technology),  dapat  menyediakan  standar dalam  kerangka  kerja  dari  sekumpulan  proses  TI yang merepresentasikan aktivitas secara terstruktur. Penelitian ini bertujuan untuk Menilai tingkat kematangan (maturity level), Menilai tingkat kesadaran dan harapan dan Membandingkan tingkat kematangan. Hasil penelitian tentang Management Awarness terlihat bahwa harapan menajemen terhadap kegiatan pengawasan dan evaluasi kinerja TI menurut COBIT sangatlah tinggi yang diharapkan untuk diterapkan dipengelolaan   perpustakaan STIKOM Dinamika Bangsa yakni berada ditingkat sangat perlu 67,9%, perlu 29,8% untuk diterapkan dan 2,4% tidak perlu untuk diterapkan. Tidak ada satupun responden yang milih sangat tidak perlu 0%. Tingkat perolehan pengelolaan kegiatan 47,6% dikelola oleh bagian TI, 35,7% dikelola oleh bagian lainnya, 16,7% dikelola oleh pihak external.

Article Details