Main Article Content

Faiza Rini

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat dewasa ini, khususnya perkembangan teknologi internet turut mendorong berkembangnya konsep pembelajaran jarak jauh ini. Ciri teknologi internet yang selalu dapat diakses kapan saja, dimana saja, multiuser serta menawarkan segala kemudahannya telah menjadikan internet suatu media yang sangat tepat bagi perkembangan pendidikan jarak jauh selanjutnya. Hal ini lah mengapa untuk saat ini sistem pembelajaran secara blended learning masih sangat baik di terapkan di Indonesia agar lebih dapat terkontrol secara tradisional juga. Seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, sumber daya manusia pun dituntut untuk menanggapi perkembangan tersebut. Dengan demikian kualitas sumber daya harus ditingkatkan dengan berbagai upaya agar mutu dan kualitas pendidikan juga meningkat, baik melalui peningkatan kompetensi dosen sebagai pendidik, pengadaan buku dan alat pelajaran, perbaikan sarana dan prasarana pendidikan, peningkatan mutu manajemen Perguruan Tinggi, maupun pengubahan kurikulum pendidikan.Dalam suatu bangsa dituntut adanya perubahan dalam pendidikan untuk memiliki sumber daya manusia yang berkualitas, sehingga konsep pendidikan pun akan mengalami perubahan. Konsep pendidikan yang berubah akan mempengaruhi cara dan sistem pencapaian pembelajaran terutama pendidikan di Perguruan Tinggi. Melihat perjalanan dunia pendidikan Indonesia, dan pesatnya perkembangan Teknologi Informatika dan Komunikasi. Proses pembelajaran yang berbasis TIK dapat meningkatkan mutu pendidikan dan proses pembelajaran yang efektif, fleksibel, juga efisien. Salah satu pembelajaran dalam pandangan konstruktivis yang dapat diterapkan untuk meningkatkan keaktifan mahasiswa adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran Blended Learning khususnya pada matakuliah Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) dengan flatform edmodo.

Article Details